Rabu, 18 Juni 2014

PENTINGNYA SERTIFIKAT HALAL | TIPS AGAR TERHINDAR DARI PRODUK-PRODUK HARAM



APAKAH SERTIFIKAT HALAL SANGAT PENTING? Ya | MENGAPA?
Jika tidak mengandung daging babi, berarti produk itu halal dong! Benarkah?


Inilah pemikiran yang salah, karena tahukah anda bahwa babi ternyata memiliki banyak sekali produk turunan. Dari tulang babi saja, bias dihasilkan gelatin yang kemudian bias diolah menjadi kapsul, permen, mentega dan emulsifier (pengikat air dan minyak). Selain itu, kalsium babi juga bias dipakai untuk membuat pasta gigi.
Lalu, tulang hewan yang diolah menjadi gelatin ini ternyata bias juga dipakai untuk membuat cangkir keramik. Gelatin pada keramik sering kali dipakai untuk menghaluskan teksturnya. Untuk gelatin babi, biasanya ada tulisan PORSELEIN dibawah keramiknya.
Jika anda sering meminum air kemasan, cobalah perhatikan keberadaan label halal MUI-nya. Air sendiri asalnya adalah halal. Namun pada air dalam kemasan, proses penjernihannya membutuhkan karbon aktif yang bisa berasal dari batok kelapa atau tulang hewan. Akan sangaT rawan jika karbon aktif itu berasal dari tulang hewan, karena bisa saja tulangnya dari babi.

Selanjutnya yang harus diwaspadi adalah penggunaan kulit babi. Dari mulai sepatu, tas sampai kerupuk kulit pun bisa menggunakan kulitbabi. Ada beberapa hal yang harus diwaspadai jika membeli kerupuk kulit. Jika bahannya berasal dari kulit sapi, biasanya dia berwarna cokelat dan teksturnya pecah-pecah. Sedangkan jika dari kulit babi, terksturnya lebih halus dan warnanya pun kekuning-kuningan.
Dengan masih sangat sedikitnya kondisi pasokan sapi di Indonesia, sudah jelas bahwa kita harus waspada terhadap produsen-produsen yang akhirnya beralih pada babi. Karena ternak babi terbilang murah dan mudah.


Lalu bagaimana dengan bulu babi? Nah, bulu babi ini ternyata juga bisa dijadikan kuas atau pun sikat gigi. Dan biasanya sikat gigi untuk bayi banyak menggunakan bulu babi karena teksturnya lebih halus. Kita juga mungkin sudah pernah melihat produk plastik yang memiliki sertifikat halal MUI. Mengapa sampai plastic pun perlu mendapatkan sertifikat halal? Ternyata, lemak hewan kerap dipakai pada mesin pencetak  plastic. Biasanya plastic ini produksinya massal. Berarti roda mesinnya terus berputar dan akan panas. Oleh sebab itu, roda diolesi lemak agar tidak rusak dan panas. Yang jadi pertanyaan, lemak apa yang dipakai?

Memang betul sekali kalau babi memiliki banyak sekali produk turunan dan Allah Subhanahu wa Ta’ala pun telah memerintahkannya dalam Al-Quran agar kita menjauhi semuanya. Bukanlah tanpa alasan Allah Subhanahu wa Ta’ala melarang kita mengkonsumsi atau pun memakai barang haram. Banyak sekali akibat dari penggunaan barang haram yang merugikan kita, di antaranya doa tidak dikabulkan, shalat dan amalan tidak diterima, mengikis keimanan pelakunya, mengeraskan hati, tertolak haji serta sedekahnya, akan sia-sia silaturrahimnya dan dicampakkan ke neraka.
Namun, memperhatikan halal saja ternyata tidak cukup lho. Kita juga harus memperhatikan masalah thayyib atau kebaikan serta kesehatannya karena Halal dan Thayyib itu bergandengan, jadi kita harus mencari keduanya.

So, be smart ya guys ;)


Wallahu’alam bishshawab. Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar